Hakekat IPA - Room Kuliah

Hakekat IPA

HAKEKAT IPA

1. Pengertian Ilmu, Pengetahuan dan Alam

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, atau proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah)

Pengetahuan adalah sesuatu yang diketahui berkaitan dengan proses pembelajaran. Proses belajar ini dipengaruhi berbagai faktor dari dalam seperti motivasi dan faktor luar berupa sarana informasi yang tersedia serta keadaan sosial budaya 

Alam adalah segela sesuatu yag mencakup benda hidup dan benda tidak hidup / benda mati yang berada secara alami di bumi. Dalam pengertian yang paling murni, alam adalah lingkungan yang tanpa kegiatan manusia. 
2. Makna IPA Secara Utuh
IPA sendiri berasal dari kata sains yang berarti alam. Sains menurut Suyoso (1998:23) merupakan “pengetahuan hasil kegiatan manusia yang bersifat aktif dan dinamis tiada henti-hentinya serta diperoleh melalui metode tertentu yaitu teratur, sistematis, berobjek, bermetode dan berlaku secara universal”.
Menurut Abdullah (1998:18), IPA merupakan “pengetahuan teoritis yang diperoleh atau disusun dengan cara yang khas atau khusus, yaitu dengan melakukan observasi, eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori, eksperimentasi, observasi dan demikian seterusnya kait mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain”.
Dari pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa IPA merupakan pengetahuan dari hasil kegiatan manusia yang diperoleh dengan menggunakan langkah langkah ilmiah yang berupa metode ilmiah dan dididapatkan dari hasil eksperimen atau observasi yang bersifat umum sehingga akan terus di sempurnakan.
Untuk memahami IPA bisa kita tinjau dari istilah dan dari sisi dimensi IPA. Dari istilah, IPA adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang alam sekitas beserta isinya. Hal ini berarti IPA mempelajari semua benda yang ada di alam, peristiwa, dan gejala gejala yang muncul di alam. Ilmu dapat diartikan sebagai suatu pengetahuan yang bersifat objektif. Jadi dari sisi istilah IPA adalah suatu pengetahuan yang bersifat objektif tentang alam sekitar beserta isinya. 
Hakekat IPA ada tiga yaitu IPA sebagai proses, produk, dan pengembangan sikap. Proses IPA adalah langkah yang dilakukan untuk memperoleh produk IPA. Proses IPA ada dua macam yaitu proses empirik dan proses analitik. Proses empirik suatu proses IPA yang melibatkan panca indera. Yang termasuk proses empirik adalah observasi, pengukuran, dan klasifikasi
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsipprinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.
Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan  Ilmu Pengetahuan Alama IPA diarahkan untuk inkuiri  dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.

3. Hakekat IPA Sebagai Disiplin Ilmu

Selain menggunakan metode ilmiah, para ilmuwan IPA perlu pula memiliki sifat ilmiah (scientific attittudes), agar hasil yang dicapainya itu sesuai dengan harapannya. Sikap-sikap tersebut antara lain: 
A. Obyektif terhadap fakta aau kenyataan, artinya bila sebuah benda menurut kenyataan berbentukbulat telur, maka dia secara jujur akan melaporkan bahwa bentuk benda itu bulat telur. Dia berusaha untuk tidak dipengaruhi oleh perasaannya. 
B. Tidak tergesa-gesa di dalam mengambil kesimpulan atau keputusan.
Bila belum cukup data yang dikumpulkan untuk menunjang kesimpulan atau keputusan. Seorang ilmuwan IPA tidak akan tergesa gesa menarik kesimpulan. Ia akan mengulangi lagi pengamatan pengamatan dan percobaan percobaannya, sehingga datany cukup dan kesimpulannya mantap, karena didukung oleh data-data yang cukup dan akurat.
C. Berhati terbuka, artinya bersedia mempertimbangkan pendapat atau penemuan orang lain, sekalipun pendapat atau penemuan orang lain itu bertentangan dengan pendapatnya sendiri.
D. Dapat membedakan antara fakta dan pendapat.
Fakta dan pendapat adalah hal yang berbeda. Fakta adalah sesuatu yang ada, terjadi dan dapat dilihat atau diamati. Sedangkan pendapat adalah hasil proses berfikir yang tidak didukung fakta.
E. Bersikap tidak memihak suatu pendapat tertentu tanpa alasan yang didasarkan atas fakta. 
F. Tidak mendasarkan kesimpulan atas prasangka.
G. Tidak percaya akan takhayul
H. Tekun dan sabar dalam memecahkan masalah.
I. Bersedia mengkomunikasikan dan mengumumkan hasil penemuannya untuk diselidiki, dikritik dan disempurnakan. 
J. Dapat bekerjasama dengan orang lain.
K. Selalu ingin tahu tentang apa, mengapa, dan bagaimana dari suatu masalah atau gejala yang dijumpainya. 

4. Hakekat IPA Sebagai Produk
Produk adalah hasil yang diperoleh dari suatu pengumpulan data yang disusun secara lengkap dan sistimatis.Contoh: dari hasil pengamatan tanaman ditempat terang dan ditempat gelap maka dihasilkan perbedaan antara lain.
a. bentuk daun
b. tinggi tumbuhan
c. warna tumbuhan
IPA sebagai produk ada 4 antara lain:
1. fakta adalah pernyataan tentang benda yang benar-benar ada atau terjadi
     Contoh: Kupang adalah ibu kota propinsi NTT
2. Konsep adalah kumpulan dari beberapa fakta yang saling berhububgan
    Contoh: manusia
3. prinsip adalah kumpulan dari beberapa konsep
    Contoh: tumbuhan akan tumbuh keatas
4. teori atau hukum adalah prinsip-prinsip yang sudah diterima
    Contoh: teori Jean Peaget

5. Hakekat IPA Sebagai Proses

Proses adalah urutan atau langkah langkah suatu kegiatan untuk memperoleh hasil pengumpulan data melalui metode ilmiah.


Contoh: pengamatan tentang tumbuhan kacang hijau ditempat terang dan ditempat gelap.


Tahapan dalam proses penelitian adalah:

a. Observasi
Adalah pengamatan suatu objek berdasarkan ciri-cirinya dengan menggunakan beberapa  indera.
Contoh: pengamatan ciri-ciri tanaman yang tumbuh ditempat gelap.
a. Daunnya kuning kecil
b. Batangnya lebih panjang
c. Lebih cepat tumbuh
b. Klasifikasi
Adalah pengelompokan objek pengamatan berdasarkan perbedaan dan persamaan sifat yang dimiliki.
Contoh: klasifikasi tumbuhan ditempat terang dan ditempat gelap
a. Bentuk daun
b. Batang tumbuhan
c. Warna tumbuhan
d. Tinggi tumbuhan
c. Interpretasi
Adalah menafsirkan data-data yang telah diperoleh dari kegiatan observasi.
Contoh: daunnya kuning kecil pendek dan pertumbuhannya lambat adalah tumbuhan kacang hijau ditempat gelap, sedangkan daunnya lebar panjang, berwarna hijau dan pertumbuhannya cepat adalah tumbuhan kacang hijau ditempat terang.
d. Prediksi
Adalah memperkirakan apa yang akan terjadi berdasarkan kecenderungan atau pola hubungan yang terdapat pada data yang telah diperoleh.
Contoh: kacang hijau akan tumbuh jika ditaruh ditempat yang gelap.
e. Hipotesis
Adalah suatu pernyataan berupa dugaan tentang kenyataan- kenyataan yang terdapat dialam melalui proses pemikiran.
Contoh: kacang hijau akan lebih lambat tumbuh jika ditaruh ditempat gelap dan akan lebih cepat tumbuh apabila ditaruh ditempat yang terang.
f. Mengendalikan variable
Adalah mengatur variable sedemikian rupa sehingga perbedaan pada akhir eksperimen adalah benar-benar karena pengaruh variabel yang diteliti. Variabel terdiri dari 3 yaitu:
a. Variabel bebas/variabel peubah: faktor yang menjadi penyebab terjadi perubahan terhadap faktor yang lain. Contoh: cahaya mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan.
b. Variabel terikat adalah vaktor yang mempengaruhi atau diubah. Contoh: tanaman
c. Variabel control adalah variabel yang dibuat tetap. Contoh: wadah dan kapas
g. Merencanakan dan melaksanakan penelitian eksperimen
Penelitian dapat dipecahkan menjadi beberapa tahap dan dikembangkan kepada anak didik satu persatu antara lain:
a. menetapkan masalah penelitian: menetapkan suatu masalah yang dijawab melalui suatu penelitian.
Contoh: pertumbuhan pada kacang hijau
b. Menetapkan hipotesis penelitian
Contoh: benih kacang hijau yang berada ditempat gelap akan lebih lambat tumbuh apabila benih kacang hijau yang berada ditempat terang.
c. Menetapkan alat dan bahan yang akan digunakan
Contoh: kapas, wadah, air dan biji kacang hijau
d. Menetapkan langkah-langkah percobaan serta waktu yang dibutuhkan
Contoh: 1. persiapan: alat, tempat, tabel kerja dan regu kerja.
2. pelaksanaan: penanaman.
3. penyelesaian: penimbangan dan pengukuran
h. Menetapkan format tabulasi data

6. Aplikasi
Aspek aplikasi merujuk pada dimensi aksiologis IPA sebagai suatu ilmu, yaitu penerapannya pengetahuan tentang IPA dalam kehidupan. Untuk menerapkan pengetahuan IPA dalam kehidupan diperlukan kemampuan untuk:
1. mengidentifikasi hubungan konsep ipa dalam penggunaannya dengan kehidupan sehari-hari 
2. Mengaplikasikan pemahaman konsep ipa dan keterampilan ipa pada masalah riil 
3. Memahami prinsip-prinsip ilmiah dan teknologi yang bekerja pada alat-a;at rumah tangga 
4. Memahami dan menilai laporan-laporan  perkembangan ilmiah yang ditulis pada mass media 

REFERENSI :


Jangan lupa bagikan artikel ini ya!

1 comment

Notification
Ini adalah popup notifikasi.
Done